June 27, 2013

Cara Sederhana Menampilkan Hidden File

Cara Sederhana Menampilkan Hidden File – Para pengguna Windows salah satu insico juga sih, tentu sudah sangat akrab dengan istilah hidden file/file hidden atau menyembunyikan file agar tidak tampil di direktori data base pada komputer/windows anda. Perlu kawan-kawan ketahui bahwa Windows 7 juga secara default tidak menampilkan beberapa folder dan file yang merupakan bagian dari sistem operasi. File tersebut lebih kita kenal sebagai hidden files atau protected operating system files. Salah satu alasan tidak ditampilkannya protected operating system files adalah untuk mencegah keruksakan sistem misalnya karena tanpa sengaja kita merubah atau men-delete file tersebut. Tetapi untuk keperluan troubleshooting seringkali kita membutuhkan akses ke file dan folder tersebut. 
Hiden file pada umumnya berguna untuk melindungi data privasi atau rahasia anda. Meskipun hal ini tidak maksimal, sebab ketika user lain pengguna laptop atau komputer anda mengetahui cara menampilkan file hidden di Windows 7 atau beberapa OS Windows lainnya, tentunya data anda sudah tidak menjadi rahasia dan pribadi. Tapi bukan berarti semuanya sudah tahu kan caranya, dengan menampilkan file hidden di sistem operasi windows anda, akan mengurangi resiko terkena virus. Berikut ini yakni Cara menampilkan file hidden di windows 7 atau windows 8.

Pertama kali silahkan buka Windows Explorer anda pada komputer atau laptop anda, bisa menggunakan Shortcut ( Logo Windows + E ) pada keyboard anda. Kemudian pada menu Organize di sebelah pojok kiri atas Windows Explorer anda silahkan anda klik. ingat klik-nya pakai klik kiri ya.

Kemudian nanti anda akan mendapati menu drop-down, masuk saja kebagian Folder and Search Options dengan cara meng-clik kiri. Nanti setelah itu akan tampil sebuah Window baru untuk pengaturan Windows Explorer anda.

Ada bebrapa hal berikut ini yang perlu anda perhatikan :
  1. Don’t show hidden files, folders, or drives : Opsi ini berguna untuk menyembunyikan file, folder atau drives pada komputer anda
  2. Show hidden files, folder and drives : Opsi ini berfungsinya kebalikan dari menu diatas, yaitu untuk menampilkan.
  3. Hide empty drives in Computer Folder : Opsi tersebut ketika ada drive yang tidak berisi file atau folder apapun, dan anda ingin menyembunyikan atau menampilkan drives tersebut silahkan gunakan menu ini.
  4. Hide Extension for known file types : Opsi ini bisa sangat bermanfaat bagi anda untuk menghindari virus dan juga untuk mengenali tipe file pada komputer anda. Jangan centang bagian ini agar anda mudah mengenali ekstensi file anda seperti DSC001.jpg, tutorialkomputergratis.iso, photoshop.exe dan lain sebagainya.
  5. Hide Protected Operating System Files.(Recomended) : Gunakan menu ini untuk beberapa hal saja. Menu ini akan menampilkan atau menyembunyikan file system pada windows anda. Untuk contoh kasus ketika anda menancapkan flashdisk, terkadang anti virus seperti windows defender atau avast, akan memberikan notifikasi keberadaan virus pada file atau folder virus di flasdisk anda. Virus biasanya disembunyikan dan dikenali sebagai Protected Operaing System Files. Anda bisa menghapusnya setelah menampilkan melalui menu ini. Mudah dan sederhana kan cara menampilkan Hidden Files di windows

Cara sederhana dan mudah lainnya untuk menampilkan Hidden Files di windows:
  1. Klik Start, pilih Control Panel.
  2. Setelah jendela Control Panel terbuka, klik Appearance and Personalization .
  3. Klik pada link Show hidden files and folders
  4. Pilih Tab View pada jendela Folder Option
  5. Pada bagian Hidden files and folders klik pilihan show hidden files, folder,and drives.
  6. Dengan mengaktifkan pilihan ini kita bisa melihat semua file, folder dan Drive yang sebelumnya tak terlihat.
  7. Uncheck / hilangkan tanda checkmark pada pilihan Hide extensions for known file types.
  8. Dengan meng-uncheck pilihan ini kita dapat melihat extension yang digunakanpada semua file seperti .docx, .txt dan sebagainya.
  9. Uncheck / hilangkan tanda checkmark pada pilihan Hide protected operating system files (Recommended).
  10. Dengan meng-uncheck pilihan ini maka file yang merupakan bagian dari sistem operasi seperti dalam folder Windows akan terlihat.
  11. Klik Apply dan kemudian tekan OK.

Sekarang buka kembali jendela Windows Explorer, maka kita bisa menemukan beberapa folder dan files yang tadinya tidak terlihat. Kelar sudah dech

Cukup sederhana bukan. Memang hal sederhana yang terkadang kita menganggap enteng ternyata bisa sangat berguna. Sampai disini dulu tips insico tentang Cara Sederhana Menampilkan Hidden File.




Artikel Terkait INSICO:

1 comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel ICO, kami harap memberikan sedikit ulasan tapi bukan SPAM. Terimakasih, Salam Harmoni INSICO

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More